Samsung J2 Pro vs J2 Prime – Samsung J2 Pro dan Samsung J2 Prime menjadi contoh HP Samsung yang menjadi favorit pengguna HP kelas menengah. Beberapa orang sering kali membandingkan spesifikasi kedua jenis HP Samsung ini untuk melihat HP mana yang kualitasnya lebih unggul.

Kedua HP ini memang memiliki identitas berbeda meski namanya serupa. Perbandingan di antara keduanya tak hanya dapat dilihat dari segi harganya saja, namun juga dari sisi komponen layar, chipset, memori penyimpanan, dan juga sistem operasi yang digunakan.

Berikut ini akan dibahas secara lebih dalam mengenai perbandingan antara HP Samsung J2 Pro dan Samsung J2 Prime.

Komponen Layar

Kedua Ponsel Samsung ini sama-sama memakai layar selebar 5 inch dengan rasio 16:9, 66% screen to body ratio, kerapatan 220 per inch. Serta layarnya beresolusi 540×960 pixels. Perbedaan antara kedua layar HP Samsung ini terlihat dari tipe layar yang digunakan.

Samsung Galaxy J2 Pro yang dirilis pada tahun 2018 lalu telah menggunakan tipe layar Super AMOLED. Sementara itu, Samsung Galaxy J2 Prime yang dikeluarkan pada tahun 2016 masih menggunakan tipe layar PLS TFT.

Baca Juga : https://rumahgadget.com/spesifikasi-samsung-ace-2/

Layar bertipe AMOLED pada HP Samsung J2 Pro memiliki pengaturan RGB yang dapat menghasilkan warna foto maupun video yang stabil. Selain itu, kecerahan yang sangat tinggi juga menjadi kelebihan lain dari tipe layar yang satu ini.

Sementara itu, tipe layar TFT yang terdapat pada Samsung J2 Prime merupakan tipe layar yang umum digunakan pada ponsel berteknologi LCD.

Kelebihan dari tipe layar ini adalah mampu memberi tampilan yang tajam. Karena layarnya memiliki kedalaman warna dan resolusi yang baik.

Dari segi tipe layar yang digunakan, HP Samsung Galaxy J2 Pro punya kualitas yang lebih baik dibanding J2 Prime. Karena layar bertipe Super AMOLED lebih mampu menghemat daya dibandingkan dengan tipe layar TFT.

Chipset

Review Samsung J2 Pro Vs J2 Prime

Kamu juga perlu mengetahui Samsung J2 Pro vs J2 Prime dari segi chipset yang digunakan. Samsung Galaxy J2 Pro mengusung teknologi Qualcomm.

Hal tersebut terlihat dari penggunaan chipset Snapdragon 425 quad-core 1,4 GHz serta Andreno 308 sebagai unit pemroses grafisnya.

Sementara itu, Samsung Galaxy J2 Prime berteknologi MediaTek dengan menggunakan chipset MT6737T quad-core speed 1,4GHz, serta Mali-T720MP2 sebagai unit pemroses grafisnya.

Memori Penyimpanan

Dari sisi memori penyimpanan, Samsung Galaxy J2 Pro lebih unggul dibandingkan seniornya. Galaxy J2 Pro menggunakan internal memory sebesar 16 GB dan tersisa 9,7 GB setelah memori tersebut dipakai sistem.

Sementara itu, Samsung J2 Prime menggunakan memori internal awal sebesar 8 GB dan hanya tersisa 3,3 GB saja setelah terpakai sistem. Untuk random access memory, kedua HP Samsung ini sama-sama menggunakan RAM sebesar 1,5 GB.

Sistem Operasi

Dari segi sistem operasi yang digunakan, Samsung Galaxy J2 Pro yang dirilis pada tahun 2018 lebih unggul dibandingkan dengan Samsung Galaxy J2 Prime yang rilis dua tahun sebelumnya.

Samsung Galaxy J2 Pro menggunakan sistem operasi terbaru, yakni Android 7.1 atau Nougat. Sedangkan, sistem operasi yang digunakan pada Samsung Galaxy J2 Prime merupakan versi lama, yakni Android 6.0 Marshmallow.

Demikianlah pembahasan tetang HP Samsung J2 Pro vs J2 Prime. Meski punya nama yang hampir sama, namun kedua HP ini dihadirkan dengan tujuan yang berbeda.

Samsung Galaxy J2 Pro hadir untuk meningkatkan segi komponen. Sedangkan Samsung Galaxy J2 Prime hadir sebagai lini utama J2. Kedua Hp ini memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri-sendiri, sekarang tergantung dari selera dan kebutuhanmu. Semoga bermanfaat.

Write A Comment