Untuk saat ini, para pengguna smartphone di Indonesia masih berkutat pada jaringan 4G. Sedangkan China sudah mulai melakukan percobaan pada terobosan jaringan 5G mereka.

Tidak dapat dipungkiri bahwa seiring bertambahnya hari, keperluan yang berkaitan dengan jaringan akan terus meningkat. Hal tersebut berbanding lurus dengan tingkat konsumtifitas para pengguna smartphone.

Namun sekarang ini, di Indonesia masih terkendala dalam jaringan 4G. Memang sudah mulai merambah hingga ke desa-desa. Akan tetapi dapat dikatakan belum merata.

Apalagi beberapa kartu SIM kerap mengalami gangguan tertentu yang berakibat pada menurunnya kualitas atau tingkatan jaringan bahkan ada yang sampai hilang sinyal.

Tentu bagi kita yang tidak dapat lepas dari smartphone dalam kehidupan sehari-hari cukup miris dengan keadaan tersebut. Karena pada zaman sekarang teknologi serta jaringan menjadi dua hal yang tak dapat dipisahkan. Sampai sekarang saya belum pernah mendengar kata ‘mantan jaringan’.

Kenapa? Karena jaringan tersebut akan pulih, meskipun membutuhkan waktu berjam-jam untuk menunggu jaringan mu akan kembali seperti semula. Upaya pemberlakuan maintenance pada tiap-tiap penyedia kartu harus benar-benar diperhatikan.

Sebab, akan ada dampak bagi kehidupan sehari-hari para pengguna jaringan. Misalnya saja bagi para penjual online. Ada setidaknya ribuan barang yang diperjualbelikan di toko-toko online. Dan apabila terjadi gangguan jaringan beberapa menit saja, hilang sudah calon konsumen mereka.

Baca juga : 4 Cara Mudah Menghilangkan Iklan HP Xiaomi

Maka dari itu telah kami sajikan tutorial cara kunci jaringan ke 4G Only di HP OPPO. Silakan simak tutorialnya.

Cara Mengunci Jaringan ke 4G Only di HP OPPO

Berikut tutorial melakukan penguncian jaringan 4G pada smartphone OPPO :

  • Pada awal tutorial kali ini, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengatur jaringan seluler pada ponsel OPPO Anda menjadi 4G. Silakan buka menu ‘Pengaturan’.
  • Kemudian, langkah selanjutnya yaitu memilih opsi ‘SIM Ganda dan Jaringan Seluler’.
  • Lalu, pilih ‘Jenis Jaringan yang Dianjurkan’.
  • Setelah masuk ke tab menu ‘Jenis Jaringan yang Dianjurkan’, maka Anda wajib memilih opsi ‘4G/3G/2G (Otomatis)’.
  • Jika langkah pengaturan jaringan sudah diselesaikan, selanjutnya Anda diharuskan menekan ‘Dial Phone’. Silakan masuk ke menu ‘Telepon’.
  • Lalu, ketikkan dial *#*#4636#*#* dan tanpa menekan tombol ‘Call’, secara otomatis Anda sudah masuk ke dalam tampilan dial jaringan tadi.
  • Jika dial tersebut berhasil, maka akan muncul sebuah tampilan menu ‘Menguji’ yang di dalamnya terdapat opsi ‘Informasi telepon’, ‘Informasi baterai’, ‘Statistik penggunaan’, serta ‘Wi-fi information’. Untuk melanjutkan tutorial, silakan pilih menu ‘Informasi telepon’.
mengunci jaringan 4g hp oppo
  • Setelah masuk di menu ‘Informasi telepon’, KAMU perlu men-scroll ke bawah guna menemukan opsi ‘Setel jaringan yang disukai :’. Langkah yang perlu Anda lakukan yaitu mengubah opsi menu dropdown tersebut menjadi ‘LTE Only’.
pilih jaringan LTE Only
  • Apabila semua langkah tersebut terpenuhi, maka selamat kamu telah berhasil mempatenkan jaringan 4G.

Namun, apabila justru malah pada smartphone OPPO kamu terjadi lost signal, artinya terdapat masalah pada SIM maupun piranti OPPO yang kamu gunakan.

Masalah lost signal HP OPPO dapat terjadi karena faktor :

  • Rusaknya ponsel yang kamu gunakan atau kemungkinan belum support pada jaringan 4G. Jadi jika ada masalah pada ponsel OPPO (terutama sinyal), jangan memaksakan
  • Gangguan pada jaringan operator SIM yang kamu gunakan. Sebab selain faktor wilayah, faktor gangguan yang terjadi pada SIM Anda juga berpengaruh terhadap lemah atau kuatnya sinyal.
  • Terjadi kerusakan jaringan pada SIM Card mu. Atau bisa jadi karena memang SIM Card yang kamu gunakan merupakan versi lawas, sehingga belum mendukung adanya fasilitas 4G.

Demikian cara mengunci jaringan 4G di HP OPPO. Semoga kebutuhan yang bersangkutan dengan jaringan dapat terpenuhi dan lancar. Sukses selalu dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabatmu !

Write A Comment