Tips Transaksi Digital yang Aman Menggunakan Gadget – Gerakan non-tunai atau cashless belakangan ini semakin menjamur dan diminati masyarakat. Kemudahan dan kepraktisan dari model transaksi ini menjadikan masyarakat bergeser pada transaksi digital ini.

Ditambah lagi transaksi non-tunai kini tak lagi memerlukan komputer melainkan cukup menggunakan gadget seperti gawai pintar. Selain mudah dan praktis, transaksi online ini juga memberi keterjaminan keamanan yang lebih pasti.

Meski demikian, masih ada beberapa orang yang masih ragu soal keamanan dari transaksi online ini. Untuk menjamin rasa aman pada saat melakukan transaksi non-tunai ini, ada baiknya memperhatikan beberapa Cara Bertransaksi Digital yang Aman di Gadget yang bisa membantu dan akan dibagikan dalam artikel ini.

Pilih penyedia jasa keuangan yang terpercaya

Di era digital ini banyak sekali penyedia jasa keuangan yang menyediakan berbagai fitur menarik. Namun, kamu harus pintar dalam memilih jasa keuangan tersebut. Pastikan bahwa penyedia jasa keuangan tersebut sudah terdaftar oleh lembaga yang berwenang. Lembaga tersebut adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Gunakan rekening bersama agar transaksi digital aman

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan sebuah rekening yang menampung dana dengan jangka waktu sementara. Rekening bersama atau rekber adalah istilah yang digunakan dalam proses transaksi digital.

Bahkan, pengguna rekening bersama sudah banyak sebelum era toko online menjamur di Indonesia. Prinsip penggunaan rekening bersama adalah dengan menetapkan rekening bersama yang digunakan oleh pihak penjual.

Jika barang tersebut sudah diterima oleh pembeli, maka penjual bisa mencairkan uang tersebut. Penggunaan rekening bersama akan memberikan ketenangan bagi pembeli karena tidak perlu khawatir akan ditipu.

Pilih metode bayar di tempat

Cara yang lebih aman dan bahkan memungkinkan melihat langsung barang yang akan kamu beli adalah dengan membayar dengan metode bayar di tempat atau lebih dikenal dengan istilah COD (Cash on Delivery).

Metode ini menjadikan pembayaran ketika barang yang kamu pesan sudah diterima dari kurir atau dari penjualnya.

Jaga rahasia PIN dan OTP

tips transaksi digital yang aman

Hal yang terkadang dianggap sepele namun sebenarnya sangat penting adalah menjaga kerahasiaan PIN dan OTP. PIN sering dianggap sepele dan kadang terlupakan. Karena hal tersebut, jangan sembarangan dalam mencatat nomor PIN atau membicarakan mengenai PIN di sembarang tempat.

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan membuat PIN yang berbeda pada setiap aplikasi. Ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila salah satu akunmu diretas, si peretas tidak bisa mengakses akun aplikasimu yang lain.

Salah satu fitur yang dapat memberikan keamanan lebih adalah dengan menggunakan One Time Password (OTP). Kamu akan mendapatkan informasi melalui pesan singkat jika ada akses yang mencoba masuk ke akunmu.

Kamu harus waspada jika tiba-tiba terdapat notifikasi yang menyatakan bahwa ada yang mencoba masuk padahal kamu tidak melakukan hal tersebut.

Sekarang ini melakukan transaksi online memang sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Agar tetap aman dan nyaman dalam bertransaksi, beberapa langkah-langkah di atas bisa kamu coba untuk menjamin keamananmu dalam bertransaksi digital.

Satu hal penting lainnya, tanpa kamu sadari gadgetmu sudah menjadi hal yang tak mungkin terpisahkan dari dirimu sekarang. Jadi jangan sampai teledor yang akan menyebabkan kehilangan gadgetmu.

Karena semua data dirimu terekam dalam gadgetmu sendiri. Gadget sudah menjadi semacam data diri digital.

Semoga artikel ini bermanfaat, bantu share artikel ini kepada kerabatmu agar semakin banyak orang yang menyadari pentingnya bertransaksi digital yang aman di gadget.

Write A Comment