Beranda Tutorial Tips Menghemat RAM Untuk Mempercepat Kinerja Android

Tips Menghemat RAM Untuk Mempercepat Kinerja Android

11
0
menghemat ram android

Sering kesal karena kinerja android lelet ? Untuk mempercepat kinerja android, bisa kamu lakukan dengan menghemat RAM. Nah, dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat RAM android.

Kenali Dulu Apa itu Memori RAM !

Setiap smartphone, termasuk perangkat Android pasti memiliki Random Access Memory atau yang lebih sering disingkat RAM. Fungsi utama dari Random Access Memory adalah sebagai tempat penyimpanan data sementara, dan berbagai instruksi program.

Lalu apa hubungannya RAM dengan kinerja android ?

Ketika kita membuka aplikasi, data dan instruksi program disimpan pada memori RAM terlebih dahulu. Maka dari itu setiap aplikasi membutuhkan RAM untuk dapat dijalankan.

Dengan kata lain, semakin besar memori RAM yang kita miliki, maka semakin banyak multitasking atau pekerjaan yang dilakukan smartphone kita. Karena itu RAM menjadi salah satu faktor untuk mempercepat kinerja android.

Bagaimana cara menghemat RAM untuk meningkatkan performa Android ?

Agar android dapat berjalan dengan lancar ketika digunakan untuk bermain game atau pekerjaan berat lainnya, diperlukan kapasitas RAM yang lebih banyak. Maka dari itu kita harus pandai menghemat memori RAM.

Hindari penggunaan Live Wallpaper

Kenapa harus menghindari Fitur live wallpaper yang membuat tampilan smartphone lebih keren ? Perlu diketahui bahwa untuk menjalankan fitur live wallpaper, smartphone kita memerlukan memori RAM yang cukup banyak.

Hal ini karena live wallpaper melakukan refresh otomatis dan juga memakan bandwidth. Menariknya lagi selain dapat menghemat RAM, menonaktifkan Live Wallpaper juga dapat menghemat pemakaian baterai smartphone kita.

Sediakan ruang kosong untuk memori RAM

Cara berikutnya untuk menghemat RAM pada smartphone Android adalah dengan menyediakan ruang kosong pada memori RAM. Paling tidak ruang kosong tersebut sejumlah 30 persen dari total RAM yang kita miliki. Perhitungannya kurang lebih seperti ini :

  • RAM 1 GB : 30% x 1000 = 250 – 300 MB
  • RAM 2 GB : 30% x 2000 = ± 600 MB
  • RAM 3 GB : 30% x 3000 = ± 900 MB
  • RAM 4 GB : 30% x 4000 = ± 1,2 GB

Apabila ruang kosong memori RAM telah melebihi batas di atas. Sebaiknya segera tutup aplikasi atau pekerjaan yang tidak terpakai untuk memberi ruang kosong lebih.

Hapus aplikasi Sosial Media

Tips ketiga yang juga bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan RAM smartphone adalah dengan menghapus aplikasi sosial media yang jarang digunakan.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Menghilangkan Iklan HP Xiaomi

Aplikasi sosial media yang terinstall pada smartphone kita, berjalan secara continue di balik layar untuk mendapatkan update atau notifikasi terbaru. Dengan kata lain aplikasi tersebut terus berjalan setiap detik sehingga mengurangi ruang kosong pada memori RAM.

Tutup pekerjaan atau aplikasi yang tidak terpakai

meningkatkan kinerja android dengan menghemat RAM

Cara ini memang terlihat sepele, namun banyak diantara kita yang lupa atau bahkan malas untuk menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Perlu diketahui jika kita meminimize aplikasi atau pekerjaan yang digunakan, beban memori yang disimpan didalam RAM tetap utuh dan tidak berkurang. Maka dari itu tutup aplikasi yang tidak penting untuk menghemat RAM dan mempercepat kinerja android kita.

Nonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan

Ada beberapa aplikasi yang menghabiskan RAM meskipun aplikasi tersebut tidak sedang digunakan. Kita bisa memilih aplikasi yang seharusnya berjalan dan tidak berjalan secara otomatis di balik layar sesuai kebutuhan kita.

Untuk menonaktifkan aplikasi tersebut, kita harus masuk ke menu Settings > Apps > kemudian cari aplikasi yang ingin dinonaktifkan. Lalu tap dan pilih Disable. Biasanya saya menonaktifkan beberapa aplikasi bawaan dari Google yang tidak terpakai seperti Hangout, Google Book dll.

Menonaktifkan animasi untuk menghemat memori RAM

Animasi menjadi salah satu pencuri RAM di hp Android. Kita bisa mengatur hal ini pada pilihan Developer Options di menu Settings. Untuk menonaktifkannya kita bisa ke Settings > Developer Options > Drawing > Turn Off di semua opsi.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pemakaian RAM. Apabila kamu memiliki cara lain untuk menghemat RAM, jangan lupa tinggalkan komentar di bawah ya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bersedekah dengan membagikan artikel ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here