Sebagai pengguna HP Samsung, Kamu perlu mengetahui cara cek IMEI Samsung. hal ini harus kamu lakukan untuk memastikan apakah HP Samsung tersebut berasal dari pasar gelap atau tidak.

Dengan mengecek IMEI pada HP Samsung, Kamu akan mendapatkan informasi yang lengkap apabila memasukkan nomor tersebut pada sistem cek IMEI. Informasi-informasi tersebut misalnya model, tahun produksi, serial number, dan lain sebagainya.

Karena itulah, dengan mengecek IMEI HP Samsung, Kamu akan mengetahui apakah HP tersebut asli atau palsu. Untuk memastikan HP Samsung yang nda gunakan itu benar-benar asli, kamu dapat mengeceknya dengan mudah.

Cara-cara pengecekan nomor IMEI tersebut seperti misalnya dengan melihat nomor IMEI pada menu pengaturan dan juga dengan menggunakan kode khusus. Agar lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini:

Cek IMEI Samsung dengan Kode Khusus

Kode khusus akan menampilkan informasi nomor IMEI sehingga kamu bisa memastikan keaslian IMEI HP Samsung tersebut. Jika HP Samsung yang kamu gunakan memiliki dual sim, maka nantinya akan dimunculkan dua nomor IMEI yang berbeda.

Berikut ini adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk mengecek nomor IMEI tersebut :

  • Pertama-tama, Kamu harus membuka menu panggilan telepon pada HP Samsung yang kamu miliki
  • Kemudian tekan kode khusus *#06#
  • Setelah itu, tekan tombol Call
  • Informasi seputar nomor IMEI pada layar smartphone mu akan muncul secara otomatis

Sebenarnya pengecekan nomor IMEI dengan cara yang satu ini bisa dilakukan pada semua jenis smartphone dan tidak sebatas HP Samsung saja.

Melakukan Pengecekan IMEI di Menu Setting

Cara cek IMEI Samsung yang berikutnya adalah dengan menu setting. Untuk melakukan pengecekan tersebut, Terlebih dulu kamu harus masuk ke menu pengaturan pada HP Samsung.

Baca Juga : Cara Root HP Samsung Semua Tipe Terbaru 2020

Menghilangkan Iklan di HP Samsung

Selanjutnya, Kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama-tama, buka menu pengaturan pada HP Android Samsung yang kamu gunakan
  • Cari menu ‘About Phone
  • Lalu carilah kode IMEI
  • Jika HP tersebut menggunakan dual sim, maka akan mucul dua nomor IMEI yang berbeda
  • Selanjutnya, masukkan tulisan ‘About Phone’ pada kolom pencarian yang tersedia pada menu pengaturan / setting. Hal tersebut akan memudahkan mu untuk melihat nomor IMEI HP Samsung tersebut.

Mengecek IMEI Samsung Melalui Dus Book

HP Samsung yang dijual di pasar gelap biasanya merupakan HP rekondisi yang memiliki kode IMEI yang berbeda antara yang terdapat pada dus book dengan yang terdapat pada HP. Hal ini terjadi karena HP rekondisi memiliki dus book palsu yang diperbaiki sehingga terlihat seperti baru.

Untuk memastikan bahwa HP Samsung tersebut benar-benar asli dan bukan HP rekondisi. Maka kamu juga dapat mengecek nomor IMEI pada bagian belakang dusbook HP Samsung tersebut.

Mengecek Info IMEI Samsung

Setelah Kamu mengetahui nomor IMEI pada HP Samsung tersebut. Kamu perlu mengecek informasi seputar IMEI secara lebih rinci. Untuk itu, ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  • Pertama-tama, buka situs imei.info
  • Masukkan nomor IMEI yang telah Kamu dapatkan dari langkah-langkah di atas
  • Setelah itu isilah Captcha dan klik tombol “Check
  • Kamu harus menunggu untuk beberapa saat hingga muncul informasi seputar nomor IMEI. Informasi tersebut misalnya informasi tentang model, perusahaan pembuatan, tahun perilisan HP tersebut, dan juga informasi seputar spesifikasi hardware yang digunakan.

Demikianlah pembahasan seputar cara cek IMEI Samsung yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Dengan melakukan pengecekan tersebut, Kamu akan dapat memastikan keaslian dari HP Samsung yang kamu gunakan.

Write A Comment