Cara Aman Untuk Anak Bermain Internet di Smartphone – Di era digital seperti sekarang dimana orang-orang tidak bisa terlepas begitu saja dari internet juga memberi potensi bahaya bagi anak-anak. Perlu arahan khusus dari orang tua kepada anaknya agar si anak tidak menyalahgunakan teknologi internet.

Orang tua juga perlu memberikan pengawasan dan pemahaman kepada anak mereka mengenai sisi baik dan buruk dari teknologi ini. Tujuan dari pemehaman tersebut adalah agar anak dapat terhindar dari dampak buruk internet yang saat ini semakin bebas tanpa adanya batasan.

Beberapa aplikasi digital dari pihak Google telah memberi beberapa tips bermain internet yang aman untuk digunakan oleh anak-anak kita.

Family Link

anak bermain internet
Source : https://androidayuda.com/

Ini adalah salah satu fitur dari google yang membantu orang tua untuk mengatur perangkat smartphone yang digunakan oleh anak-anak.

Fitur dari aplikasi ini dapat digunakan untuk mengatur waktu penggunaan smartphone, sehingga orang tua dapat membatasi anak untuk mengakses smartphone setiap harinya.

Selain itu dengan fitur ini orang tua juga dapat melihat aktivitas yang dilakukan anak-anak ketika membuka browser internet, melihat lokasi anak saat menggunakan smartphone, mengunci aplikasi di smartphone yang digunakan anak dari jarak jauh dan juga mengatur aplikasi apa saja yang bisa diinstall di smartphone yang digunakan anak-anak.

Filter SafeSearch membuat anak bermain internet dengan aman

Salah satu fitur di mesin pencari seperti Google adalah fitur “Safe Search”. Kehadiran fitur ini bertujuan agar anak-anak yang mencoba mencari melalui bantuan Google dapat lebih terarah dan terbebas dari situs yang tidak baik untuk anak-anak.

Contoh situs yang berbahaya adalah situs yang mengandung kekerasan. Selain itu konten pornografi juga semakin meresahkan dan tak terkendali. Fitur ini sangat berguna namun sering luput dari perhatian orang tua.

Google Play Store

Sebagai orang tua, kamu bisa memperhatikan aplikasi yang akan di unduh di Play Store dengan melihat ikon bintang keluarga, yang menandakan bahwa konten atau aplikasi tersebut ramah bagi anak-anak.

Sudah selayaknya kamu sebagai orang tua harus memperhatikan mengenai aplikasi apa yang layak untuk anakmu. Pastikan aplikasi tersebut mendapat peringkat yang baik dan memiliki ulasan yang lengkap.

YouTube Kids

Source : https://infokomputer.grid.id/

Apabila orang tua sering menjadikan konten-konten di YouTube sebagai media hiburan yang dinikmati bersama anak, sehingga anak dengan sendirinya mengakses YouTube secara mandiri, YouTube Kids bisa digunakan untuk menjaga anak dari paparan konten-konten yang belum cocok bagi usia si anak.

Selain itu, kamu sebagai orang tua juga bisa mengatur waktu untuk membatasi durasi menonton. Sebaiknya matikan fitur penelusuran agar anak tidak melampaui batas ketika melakukan pencarian video, gunakan fitur dari YouTube Kids agar kamu sebagai orang tua lebih tenang dalam memberi kebebasan terhadap anak.

Google Assistant

Sebagai mesin pencari terpopuler, Google menghadirkan sebuat fitur baru yang dapat membantu aktivitas kamu dan keluargamu, Fitur tersebut adalah Google Assistant, yang berisi program seperti 50 permainan, tentunya konten yang ada di program tersebut sudah sangat aman dan tidak berbahaya bagi keluarga.

Pasalanya, seluruh konten tersebut sudah dijamin oleh Trust and Safety. Fitur ini bisa membantu orang tua untuk mengawasi kegiatan anak yang mulai berkenalan dengan gadget.

Beberapa fitur dalam aplikasi digital yang ramah bagi anak menjadikan orang tua menjadi lebih mudah mengawasi anak mereka dalam berselancar di dunia maya.

Kontrol akan penggunaan internet bagi anak juga penting, karena tidak bisa dipungkiri, anak-anak zaman sekarang pasti pasti akan bersinggungan dengan internet.

Catatan tambahan, pengawasan langsung dari orang tua sebagai bentuk interaksi langsung dengan anak menjadi faktor terpenting bagi anak dalamtumbuh kembangnya.

Perhatian orang tua tetap menjadi faktor utama bagi kesehatan mental anak. Karena anak-anak dalam abad teknologi ini adalah anak-anak yang jelas berbeda masa kanak-kanaknya ketika dibandingkan dengan masa kanak-kanak orang tuanya.

Pada masa anak-anak adalah masa dimana anak sedang cepat sekali pertumbuhannya. Pengalamn yang dipicu rasa ingin tahu yang tinggi dari anak harus terfasilitasi dengan benar, agar mereka tidak memiliki trauma pada saat dewasa kelak.

Orang tua juga punya dua peran penting selain mengawasi, juga tidak mengekang kreativitas anak dalam berkreasi.

Jangan sampai karena orang tua yang over protective menjadikan anak-anak terkekang dan menjadi takut mencoba hal baru. Sehingga menjadi insan yang pasif. Sedang zaman menuntut masyarakat yang aktif dan penuh inisiatif.

Write A Comment